Sunday, 7 May 2017

Menyambung Visa Ikut Suami/Istri di Malaysia di Jabatan Imigresen PKNS Shah Alam

Assalamualaikum Wr. Wb. & Selamat Pagi Teman Teman...

Di postingan sebelumnya saya sudah share info mengenai pengalaman mengganti paspor di KBRI Kuala Lumpur, kini saya lanjutkan dengan cerita menyambung Visa/Permit ikut pasangan (Spouse's Visa) di Jabatan Imigresen Shah Alam yang bertempat di PKNS Mall Shah Alam, bulan lalu. Hal ini wajib saya lakukan sebagai warga negara asing yang tinggal di Malaysia, jika tidak maka saya dikategorikan sebagai imigran ilegal. Tentu ada sanksi/hukum pidana yang bakal menimpa saya jika saya tidak memperbaruinya.

Ada banyak lokasi jabatan imigresen di Malaysia, namun setahu saya tidak semuanya terdapat kantor pelayanan pembuatan visa ijin tinggal/kerja untuk warga asing.  Lebih lengkapnya kamu bisa merujuk pada link ini : alamat & lokasi jabatan imigresen di seluruh Malaysia . Jika ingin tahu jabatan imigresen tersebut dapat mengeluarkan visa atau tidak, alangkah baiknya kamu telpon dulu sebelum sampai ke lokasi.

Jika sudah tau kemana harus pergi, maka segera persiapkan dokumen-dokumen yang diminta. Namun ada beberapa perbedaan (kop surat/head letter) borang/formulir "surat akuan masih berkahwin" di setiap jabatan imigresen. Kamu bisa googling dulu memastikan formulir yang kamu bawa sesuai dengan jabatan imigresen yang akan kamu datangi. Untuk yang saya jelaskan dibawah ini adalah pengalaman saya di Jabatan Imigresen PKNS Shah Alam. Kamu bisa naik bus datang kesini atau KTM turun di stesen batu 3 lalu naik taksi. Dan pastikan kamu datang pagi hari jika ingin pulang lebih awal dan mendapat nomor antria terdepan.

Silahkan disiapkan sesuai list di bawah ini :
  1. Mengisi formulir permohonan (borang 38 dan borang 55). Bisa download disini, namun abaikan surat akuan yang terdapat kolom foto jika anda mendaftar di Jabatan imigresen di luar Kuala Lumpur. Karena masing masing jabatan imigresen mempunyai kop surat akuan/head letter sendiri. download borang 38 & 55 dan surat akuan sumpah
  2. Membawa Paspor Asli & fotokopi 1 lembar. (halaman depan).
  3. Membawa IC Asli pasangan anda & fotokopi 1 lembar.
  4. Membawa Surat Nikah Asli yang dikeluarkan pemerintah Malaysia & fotokopi 1 lembar.
  5. Fotokopi Visa/Permit yang masih berlaku 1 lembar. Anda harus memperbarui visa tersebut sebelum tanggal berakhir (paling cepat 2 minggu sebelumnya). Jika tidak, uang jaminan belum tentu dapat diambil kembali dan bisa jadi untuk dapat visa baru akan sulit karena jika anda mengurusnya sesudah jatuh tempo maka dikategorikan imigran gelap, sekali lagi jelas ada sanksi pidana/hukum atas itu. Jangan khawatir 2 minggu awal itu akan ditambahkan ke masa tinggal di visa yang terbaru. Jadi tidak ada yang dirugikan dalam pengurusan visa yang lebih awal.
  6. Pas Photo anda & pasangan anda masing masing 1 lembar (jika mendaftar di Jabatan Imigresen Kuala Lumpur).
  7. Surat Pernyataan masih resmi menikah (akuan sumpah masih berkahwin) yang distempel oleh Pesuruhjaya sumpah (notaris), surat pernyatan tersebut dapat diambil di kantor Imigrasi yang anda tuju.
  8. Wajib datang bersama pasangan di pesuruhan jaya sumpah dan di loket Imigrasi.
  9. Lebih detail kamu bisa ikuti link ini : syarat memperpanjang visa ikut suami/istri (spouse's visa)
Nah jika semuanya sudah lengkap, maka berantrilah di loket pengambilan nomer. Antriannya nampak panjang hingga keluar ruangan karena memang ruangannya kecil. Dan jika sudah lengkap dan diverifikasi maka petugas akan memberikan nomor antrian yang sudah distempel. Karena waktu itu saya membawa surat akuan imigresen KL, maka petugas menggantinya dengan surat akuan imigresen PKNS. Lalu kami berdua bergegas ke suruhanjaya sumpah.
Suasana di dalamkantor notaris (suruhanjaya sumpah) antri sambil duduk alias serkong = geser bokong hehe, semua hadir bersama pasangan karena memang kebijakan pemerintah seperti itu. Biaya untuk jasa ini RM10.
Setelah surat akuan tadi di stempel, maka kembalilah masuk ke dalam ruangan sambil menunggu nomor anda dipanggil. Sempit tapi lumayan adem.

Akhirnya tiba masanya giliran saya. Awalnya saya datang sendiri ke loket, rupanya si petugas perempuan ini bertanya dimana pasangan saya. So, memang keduanya harus datang menghadap ke loket. Lalu saya mencoba mengajukan permohonan visa selama 5 tahun, rupanya tidak disetujui dengan alasan (1) baru menggunakan visa 6 bulan, (2) belum mempunyai keturunan yang lahir di Malaysia. Jadi hanya disetujui memperpanjang visa 1 tahun saja, dengan biaya RM105/tahun. Entah alasan itu subyektif atau objektiv. Wallahua'lam..

Setelah dinyatakan layak memohon perpanjangan visa & telah melakukan pembayaran sesuai yang ditentukan, maka paspor anda akan ditahan oleh petugas dan mendapatkan "tanda terima" yang wajib dibawa saat pengambilan paspor & permit nanti. Petugas akan menginformasikan tanggal berapa & pukul berapa anda harus datang mengambil. Biasanya prosesnya 3 hari kerja, jika saat itu dilayani oleh loket di sekitar siang hingga sore hari maka anda juga akan dimohon datang pada sore hari. Karena saya hari itu datang pada Rabu 26 April dan dilayani oleh petugas setelah sholat Dzuhur, jadi saya wajib datang kembali pada Jumat 28 April sekitar pukul 16.00.
Ini contoh tanda terima yang wajib kamu bawa nanti saat mengambil paspor dan permit.

PENGAMBILAN PASPOR
Jumat 28 April itu saya datang lebih awal, yaitu pukul 15.20 di PKNS karena saya juga ingin kembali awal guna menghindari kemacetan di jalan sekitar PKNS dan highway. Rasanya sya tak perlu menunggu hingga 16.00 untuk mengambil paspor saya. Nah untuk mengambil paspor, kamu wajib masukkan surat tanda terima yang kamu bawa ke dalam bakul merah yang diletakkan di meja nomer antrian. Setelah bakul merah itu penuh, nanti akan ada petugas yang membawa masuk bakul tersebut ke dalam loket yang kemudian akan memanggil nama anda.
Nampak seseorang pengunjung sedang memasukkan surat tanda terima ke dalam bakul merah di kaunter nomor antrian.
Saat mengambil paspor kamu akan mendapat uang kembalian jika saat itu kamu membayar lebih. Juha mendapatkan resit/kwitansi pembayaran yang menjelaskan uang RM105 dipergunakan untuk pelayanan apa. Waktu itu saya membayar RM110, jika uang kembaliannya RM5.

PASTIKAN : Nama yang tertera di sticker visa sesuai dengan nama kamu di paspor.Nah begitulah cerita singkat dari saya mengenai pengalaman memperpanjang visa iku pasangan (Spouse Visa) di Jabatan Imigresen PKNS Shah Alam. Semoga bermanfaat dan mungkin ada perbedaan pengalaman dengan yang lain. Sesungguhnya kesalahan itu milik saya, dan yang benar hanyalah Allah SWT. Sampai jumpa di lain cerita dan Wassalamualaikum wr.wb...

29 comments:

  1. Met sore...Mau nanya, Kalo pertama kali bikin visa kita kan disuruh tinggal selama satu bulan di malaysia, tp untuk kasus perpanjang visa, setelah visa baru selesai dan paspor dikembalikan (yg prosesnya selama 3 hari itu),untuk paspor besoknya bisa langsung dipakai untuk keluar negeri ya?
    -Terima kasih-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore, maaf baru sempat reply. Iya, bahkan hari itu jg bisa dipakai untuk keluar negeri. terima kasih

      Delete
  2. Assalamualaikum pak,mau numpang nanya
    Saya rencananya mau kawin dengan wanita indonesia,bolehkah dia pakai passport pelancong untuk melakukan pernikahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, kalo mau menikah dengan wanita indonesia ya memang harus menggunakan pasport. kalo menikah di Malaysia ya harus melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak Jabatan agama malaysia dan kedutaan indonesia.

      Delete
  3. Assalamualaikum, saya mau tanya..kalau udah selesai menikah di KUA dan mendapat buku nikah bolehkan saya mengurus visa ikut suami di Malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, boleh tapi bawa semua dokumen yang diperlukan. misalnya buku KUA yang sudah dilegalisir, foto nikah, dll

      Delete
    2. Asalamualaikum , pak untuk istri yang ikut visa suami ke malaysia , apakah betul ada persyaratan bahwa suami harus berpenghasilan diatas 5000 ringgit (khusus tenaga kerja asing ) ?

      Delete
    3. Asalamualaikum , pak untuk istri yang ikut visa suami ke malaysia , apakah betul ada persyaratan bahwa suami harus berpenghasilan diatas 5000 ringgit (khusus tenaga kerja asing ) ?

      Delete
    4. Waalaikumsalam. Mengenai hal tersebut bisa dicheck di website imigresen malaysia, karena saya sendiri blm pernah mendengar mengenai jumlah gaji seperti yg anda sampaikan.

      Delete
  4. Sya warganegara Malaysia ingin berkahwin dgn warganegara indonesia yg lahir dsini dan mempunyai surat lahir.Apakah yang yg perlu saya lakukan agar urusan ini bjalan dgn lancar tanpa ada halangan? TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Tuan, saya sarankan anda pergi berkonsultasi ke KBRI dulu, menceritakan keadaan yang sebenarnya dan meinta solusi dr dokumen yg wajib dimiliki oleh calon pasangan anda. Jika dokumen istri anda sudah lengkap dan tidak menyalahi undang undang keimigrasian malaysia, maka anda bisa mendaftarkan diri anda ke Jabatan Agama Islam.

      Membawa calon istri anda dengan dokumen yang tidak sesuai undang undang malaysia ke Jabatan Agama Islam adalah perbuatan beresiko tinggi. Semoga anda paham maksud dari pesan tersembunyi dari kalimat saya ini. Semoga usaha anda dipermudahkan oleh Allah SWT, percayalah niat baik anda akan dibantu oleh Allah SWT. SAya sendiri telah membuktikannya.

      Delete
  5. Mau tanya, kalo perpanjang Passport di PKNS itu bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memperpanjang Passport harus di KBRI atau KJRI. di PKNS mall itu adalah tempat memperpanjang passport untuk warga negara malaysia, dan ada pejabat imigresen tempat menyambung permit/visa bagi warga negara asing.

      Delete
  6. Salam pak.... Saya waktu masuk malay gak sempet buat visa yg 3bln.. Sdgkan mau urus2 visa ikut suami 1bln sja gak ckup.. Selain harus bolak balik indo ad alternatif yg lain gak pak??
    Makasij

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Tidak ada cara lain selain itu mbak, semuanya sudah diatur oleh Undang Undang Malaysia, memang jika dilihat nampak susah dan penuh pengorbanan, tetapi saat kita menjalaninya maka terasa mudah dan kita mendaptkan wawasan baru dan semakin berhati2 menjaga dokumen pribadi kita. Semoga urusan mbak dimudahkan oleh Allah SWT.

      Delete
    2. Tiada cara lain.. Harus balik semula ke Indonesia.. Pergi ke kedutaan Malaysia di Indonesia.. Mohon visa 3 bulan mengikut pasangan di Malaysia.. bawa dokumen ini 1)SALINAN PASSPORT MALAYSIA PASANGAN 2)SALINAN KAD PENGENALAN MALAYSIA PASANGAN 3)SIJIL NIKAH & SALINAN 4)PASSPORT PEMOHON & SALINAN 5)KTP PEMOHON & SALINAN 6)FOTO BERUKURAN 4CM x 6CM SATU KEPING DENGAN LATARBELAKANG WARNA PUTIH & TIDAK BOLEH POLAROID 7)DAPATKAN BORANG VISA (GRATIS) DI BAHAGIAN KONSULAR & IMIGRESEN.. SEMOGA BERJAYA.. =)

      Delete
  7. mau tanya..kakak saya menikah dengan warga negara mlysa ..pernikahan dilakukan diindonesia..
    sekarang kk saya mau irus Visa ikut suami di malaysia..bgimana cranya..
    mohon pencerahannya..mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa Buku Nikah yg sudah dilegalisir oleh KBRI, FOto Perkawinan, Passport, Surat REkomendasi dari KUA untuk menikah di luar negeri. Untuk lebih lengkapnya bisa di check di web imigresen malaysia. Semoga urusan mbak lancar. Amin

      Delete
  8. Salam saya ingin bertanya
    Macam mana nak mati kan permit dan buat visa ikut isteri dan berapa lama tepohnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Kalo mau matikan permit ya harus pergi dengan majikan yang memanggil anda, lalu datang bersama sama ke pejabat imigresen malaysia. setelah permit mati, biasanya akan disuruh pulang dahulu ke negara asal. tempohnya sebentar saja.

      Delete
  9. Saudara saya pergi ke malaysia menggunakan visa tiga bulan, apakah boleh saudara saya itu memperpanjang masa visa nya agar bisa berada di malaysia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. info terkini yang saya terima dari pihak imigresen Malaysia, visa mengikut pasangan boleh diperbaharui di Malaysia.. sebaiknya, minta kawan kamu itu pergi ke imigresen, bertanya tentang procedur yang perlu untuk tujuan penyambungan visa.

      Delete
  10. Assalamualaikum saya nak tnya klu suami ic merah tp istri paspor mcm mana cara nak buat visa ikut suami
    Sbb sblom ni dia dah buat visa ikut suami..tp nak sambung tak boleh

    ReplyDelete
  11. asalamualaikumm...kalau visa istri kepada warga negara...tamat tempoh sehari...adakah denda...suami sh lamabat sehari

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum maaf mau tanya puan kalau nak sambung visa ikut suami buat awal 1,2 bulan boleh tak ya ,Trimakasih

    ReplyDelete
  13. BERAPA BIAYA VISA MENGIKUT PASANGAN YANG PERLU DIBAYAR DI KEDUTAAN MALAYSIA DI INDONESIA?

    ReplyDelete
  14. Mau tanya ,pasangan dapat beasiswa sekolah di malaysia. Jika pasangan dan anak ingin ikut ke sana bisa langsung dapat visa atau tidak?
    Tolong bantu informasinya . Thxs.

    ReplyDelete
  15. Bgaimana cara mengambil kembali uang jaminan ya??

    ReplyDelete
  16. sy mau bernikah dgn wni di malaysia tp dia kini di medan ..utk masuk apa perlu membeli tiket pesawat pergi balik atau sehala? apa bisa mohon visa lbh 1 bln utk urus urusan pernikahan di malaysia dan terus bikin visa ikut suami sesudah bernikah di malaysia tanpa perlu pulang ke indonesia dulu ?brapa kos utk visa sosial (lbh dr 1 bln) dan kos utk bikin visa ikut suami di malaysia..mohon pencerahan

    ReplyDelete