Sunday 9 July 2017

Mengunjungi KL Book Fair 2017 (Pesta Buku Antara Bangsa Kuala Lumpur)

Assalamualaikum Wr. WB & Selamat Malam Manteman...

Ketemu lagi di blog saya....
Sudah lama ga nulis di blog nih, dikarenakan ada kesibukan baru hehe...

Mau berbagi cerita dikit dan telat 2 bulan boleh ya?...😝😝


Buat kamu yang gemar membaca buku dan berada di kawasan ASEAN, rasanya tidak rugi jika kamu sekali kali datang ke event tahunan Kuala Lumpur Book Fair (KLBF) atau yang dalam bahasa melayunya disebut Pesta Buku Antara Bangsa Kuala Lumpur. Biasanya acara ini digelar di Putra World Trade Center (PWTC).Tahun lalu sempat digelar di MAEPS Serdang dan akhirnya tahun ini kembali ke PWTC dengan alasan faktor jumlah pengunjung yang lebih ramai.


Kebiasaannya, acara ini selalu digelar bertepatan dengan Labour Day (Hari Buruh Internasional/Hari Pekerja). Namun 2017 ini, acara digelar selama 10 hari yakni mulai tanggal 27 April hingga 07 Mei, dibuka sejak pukul 10.00 sampai pukul 21.00. Tidak dipungut biaya alias gratis sebagai pengunjung, namun untuk eksibitor harga sewa standnya sekitar RM5000/lot selama acara berlangsung. Dan yang paling OK lagi adalah lokasinya yang strategis, mudah dijangkau dan berdekatan dengan sekolah Indonesia Kuala Lumpur serta pasar Chowkit. Kalo naik LRT & KTM bisa turun di stesen PWTC.


Bagi yang membawa kendaraan pribadi wajib datang sebelum jam 10 jika ingin mendapatkan tempat parkir di dalam bangunan PWTC dengan tarif parkir RM10/entry. Jika datang agak siang, maka dijamin harus cari tempat parkir di luar PWTC, jaraknya sekitar 300 meter dari lokasi, tarif parkirnya pun juga sekitar RM10/entry. Kalo saya prefer naik public transport, apalagi jalan menuju PWTC itu banyak macetnya.


Lalu apa isinya? Semua jenis buku dijual lengkap disini. Muali buku mewarnai, buku bacaan anak, buku pelajaran anak, buku bacaan dewasa, novel, buku religi hingga buku kuliah. Biasanya Lantai Dasar dan Lantai 1 bakal didominasi oleh buku untuk segment anak anak. Sedangkan untuk buku agama dan kuliah dijual dilantai 3. Namun ada juga stand pameran dari berbagai instansi pemerintah Malaysia yang buka di Lantai Dasar. Tapi yang perlu dicatet adalah buku yang dijual dalam bahasa Inggris dan Bahasa Malaysia. Kecuali buku buku yang memang tidak diproduksi ke dalam dua versi bahasa tersebut.


Masalah harga, In Shaa Allah harga buku yang dipamerkan lebih murah dibandingkan beli di toko toko buku di luaran sana. Mulai dari yang harganya RM1 (buku anak anak) hingga yang paling mahal lebih dari RM2000 (buku high education (kuliah)). Juga, banyak eksibitor yang menawarkan hadiah serta tanda tangan dari para penulis buku untuk menarik para pengunjung datang ke stand mereka. Tak jarang juga mereka mengadakan workshop dan bedah bedah buku. Pokoknya dijamin murah dan meriah deh.


Siapa saja yang datang? Jelas acara dibuka resmi oleh Menteri Pendidikan Malaysia dan dihadiri pejabat pejabat penting negara. Setiap hari, panitia juga mengundang tokoh tokoh terkenal untuk meramaikan acara. Saya cuma ingat Ustadz Kazim Ilyas dan beberapa artis, pelaku seni, penulis dan drama Malaysia hehe. Namun yang patut saya acungi jempol adalah banyak sekolah dasar dan sekolah menengah datang ke acara ini dengan menaiki bus kota dari berbagai provinsi di Malaysia, termasuk juga para dosen, mahasiswa dan pustakawan yang datang secara resmi mewakili kampus mereka. Tak jarang juga saya menjumpai WNI yang mencari buku serta menjual buku di acara ini.


Soal makanan, di dalam PWTC juga terdapat cafe, gerai dan pedagang yang menjajakan makanan, namun tentu saja harganya agak sedikit mahal dan rasanya juga tidak seperti yang kita harapkan. Jadi saya sarankan untuk beli di luar PWTC saja, bisa jalan kaki ke Chowkit atau pergi ke cafetaria di sebelah sungai belakang PWTC untuk mencari menu yang murah dan sesuai selera nusantara. Untuk tempat sholat, jangan khawatir masjid di lantai 1 sangat dingin dan cukup luas, dan mendapat izin dari untuk menyelenggarakan sholat Jumat.

Jadi, untuk tahun 2018 mendatang jangan sampai melewatkan acara ini ya. Akhirulkalam saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf bila fotonya tidak banyak, infonya juga tidak banyak dan infonya sangat lambat terbitnya hehe. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung komen disini.

Wassalamualaikum wr.wb.


Salah satu stand pameran yang menjual buku buku high education.

Para pejabat penting perpustakaan negara Malaysia juga hadir untuk memilih buku yang bakal menjadi koleksi Perpustakaan di tahun 2017 ini.

No comments:

Post a Comment